Tujuh Tempat yang Dilarang untuk Shalat dan Alasannya

Posted by αģυş çāђyα ήυģгāђα on 11:19 PM, 22-May-13 • Under: Risalah Islam

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Segala puji hanya milik Allah SWT, kepadaNyalah kita harusnya selalu bersyukur.


Di bawah ini adalah salah satu artikel islam ringan hasil kopas dari Islamic Motivation (Ini bukan FP saya). Sangat sederhana namun juga tidak bisa di anggap remeh. Yaitu tentang tujuh tempat yang seharusnya tidak digunakan untuk menjalanka ibadah shalat.


Tentu kita tahu tentang beberapa syarat sahnya shalat diantaranya adalah memakai pakaian yang suci dari najis, menghadap ke kiblat dan tempat yang suci, boleh saja seseorang menjalankan shalat ditempat manapun asalkan tempat tersebut suci dari najis, entah di rumah, di sekolahan, apartemen, kos-kosan dan lain-lain. Tetapi ada beberapa tempat yang dikecualikan untuk tidak menjalankan shalat ditempat tersebut, sebagaimana yang telah di nash dalam sebuah hadits riwayat dari Ibnu Umar,
'Sesungguhnya Rasulullah saw melarang menunaikan shalat tujuh tempat; tempat pembuangan sampah, tempat penyembelihan (hewan), kuburan, di tengah-tengah jalan, di kamar mandi, di kandang unta dan di atas(bangunan) ka’bah.'

Larangan shalat di tujuh tempat ini tentunya memerlukan alasan, bagaimana tempat-tempat tersebut mendapat larangan dari syara’.


Pertama adalah larangan shalat ditempat pembuangan sampah, tempat penyembelihan hewan, kamar mandi dan kandang unta dikarenakan terdapat banyak najisnya; seperti kotoran-kotoran, darah, tempat berkumpulnya para setan yang bisa mengganggu kekhusyuan dalam shalat dan lain-lain, sehingga tempat tersebut terkena najis dan menjadi tidak suci.


Kedua adalah larangan shalat ditengah-tengah jalan yang dilalui oleh orang, karena bisa mempersempit jalan dan mengganggu orang-orang yang sedang lewat.


Ketiga larangan shalat di kuburan agar terhindar dari penyembahan terhadap kuburan.


Keempat larangan shalat diatas ka’bah, karena tidak dapat menghadap ke kiblat, akan tetapi hanya menghadap sebagiannya saja, karena sebagian yang lain berada dibelakang punggungnya. Seperti penjelasan dalam kitab subulussalam,
'Dikatakan bahwa larangan shalat dikuburan, tempat penyembelihan, tempat pembuangan sampah dan kamar mandi adalah dikarenakan terdapat najis, untuk shalat ditengah-tengah jalan karena disitu terdapat hak-hak orang lain(pejalan), maka tidak sah shalat ditempat tersebut, entah jalan itu luas maupun sempit Karen keumuman hadits, untuk kandan unta dikarenakan itu adalah tempat berkumpulnya setan, sedangkan untuk shalat diatas ka’bah dikarenakan tidak terpenuhinya menghadapat kiblat.'

Demikian tempat-tempat yang dilarang untuk shalat, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warahmatullaahi wabarakatuh


Baca juga Cara Mudah Mendapatkan Banyak Back Link
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

44 responses to "Tujuh Tempat yang Dilarang untuk Shalat dan Alasannya"

Zazat vernando on 11:21 PM, 22-May-13

kunjungan malam sob.
ijin mimyak postingan nya ajah.

nasrun gultom on 11:29 PM, 22-May-13

kunjung tengah mlam sob biggrin
nice post

di tunggu kehadiran sob di blog ku

ALFARIZI BLOG on 11:29 PM, 22-May-13

Tujuh Tempat yang Dilarang untuk Shalat dan Alasannya
Sangat bermanfaat. .

Haryunsha on 11:52 PM, 22-May-13

Asalamu'alaikum,.?
Hadir kang agus , . !
smile

JURNAL on 11:54 PM, 22-May-13

Alasannya masuk d akal sobt..

www.jurnal.heck.in/hasil-kreatif-seni-motif-tripleks-xtkj-1.xhtml

kidzib on 02:10 AM, 23-May-13

Yup gan, maksh ni ilmunya

ronybaik on 02:42 AM, 23-May-13

kunjungan tengah malam sob,,
Postingan sgt brmanfaat

Jgn lupa kunbal
http://e63-area.heck.in/cara-membuat-aneka-garis-di-postingan-my.xhtml

igohero on 04:32 AM, 23-May-13

kunjungan pagi..
Nyimak..
mampir ya zob, ada yg baru lg
tuh
http://igohero.mywapblog.com/
lagu-cold-play-viva-lavida-
version-regga.xhtml

Irwan Ry on 05:15 AM, 23-May-13

wah keren.

eyang dapur on 06:39 AM, 23-May-13

gw salah mampir nih, tobaaat daaah...

ѕαнαĻ мαнƒυđн αĻвαηđĵ on 07:46 AM, 23-May-13

Hadir sobb....... wink jngan lupa mmpir d gbug reot anee

ɽάɱɖ on 08:29 AM, 23-May-13

thnx info

N73 BLOG on 08:35 AM, 23-May-13

mksih bnyk ats pncerhan.x mas, krna klik msih awam bngt klo mslah agama.

Jgn lupa kunjungannya.

http://n73blog.mywapblog.com/cara-mengatasi-masalah-pemutar-musik-baw.xhtml

Cara Mengatasi Masalah Pemutar Musik Bawaan N73 Yang Tidak Bisa Me-refresh Lagu

setunz on 08:54 AM, 23-May-13

kunjungan siang sob...
mantab artikelny sangat bermanfaat
next post

http://dwikurniawan.heck.in/trik-cara-mengerotkan-paket-internet-tel.xhtml

ryan andreana on 10:45 AM, 23-May-13

nyimak aja sob,http://xtrem99.pun.bz

Adnin Rifandi on 11:14 AM, 23-May-13

terima kasih infonya di tunggu kunbal dan follbacknya

Aka x on 11:27 AM, 23-May-13

ane mah di mushola aja

Vahyu Namikaze on 11:54 AM, 23-May-13

joz kang ijin f0ll0w dan ku tunggu f0lbacknya

Official ALMUSLIMUN on 01:46 PM, 23-May-13

Assalamu Alaikum Wr Wb.
Maaf jarang berkunjung sob, baru punya pulsa biggrin

Globalklik Inc on 05:01 PM, 23-May-13

kalau kaya kejadian di taiwan sob, TKI indo sholat di kamar mandi karna klw ketahuan sama majikan dia dimarahi.. Gmn hukumnya sob??

Ditunggu kunbalnya. Saling follow jg asyik kayaknya
http://globalklik.yu.tl/baca-curhatku-ini.xhtml

Yusuf Hammam Nashiruddin on 05:28 PM, 23-May-13

Alhamdulillah..
Terima Kasih sobat telah memberi pengetahuan kpd saya yang awam ini..
dinanti postingan berikutnya..
salam silaturrahmi smile

Kidz on 05:51 PM, 23-May-13

Artikel nya slalu keren gan biggrin

Dedy JunkieZz on 07:41 PM, 23-May-13

hehehehee...iya kalo di atas ka'bah ya kya nya gak sopan jg ya kang.. smile

riady elfeather on 07:55 PM, 23-May-13

terimakasih gan atas info'y

Pandu Herlambang on 07:56 PM, 23-May-13

sangat bermanfaat soobb ..

Mampir yah ..

iwan nawawi on 08:25 PM, 23-May-13

nice posting gan top markotop dah smile

Danny Olex on 08:36 PM, 23-May-13

knjungan mlm gan, kunbal ditunggu lho..

www.cyb3rblogwalking.net/

Æhmad rozý on 05:12 AM, 24-May-13

Kunjungan pagi
jangan lupa mampir razz ya sob

arrow http://beniandom.heck.in

Chidin on 04:57 PM, 24-May-13

lanjutkan hehe

Denny2MWBCom on 08:41 PM, 24-May-13

Salam sukses sob

DOELLOH KEMIRI on 02:00 PM, 25-May-13

lanjutke kopasmu tp sek manfa at aecheesy-grin

WIDITUR on 04:27 PM, 25-May-13

wah, bermanfaat bgt sob

igohero on 09:06 AM, 26-May-13

selamat hari libur zob..
Nyimak..
Mampir ya on post new ane..
http://igohero.mywapblog.com/
trik-memblokir-nomor-hp-
teman.xhtml

TONIぬ on 09:29 AM, 26-May-13

lama gak Keblog ini cheesy-grincheesy-grin
Jadi nambah Ilmu

DITUNGGU DI: http://wewewedot.mywapblog.com/emoticon-mywapblog-red-green-blue-violet.xhtml biggrin

Fauzie Mobile Games on 07:28 AM, 27-May-13

hadir…

KUNBAL y…!!

Fauzie Mobile Games on 07:29 AM, 27-May-13

hadir…

KUNBAL y…!!

KUNCI NERAKA on 02:46 PM, 27-May-13

Assalamu'alaikum Saudaraku Muslim se Indonesia

Mohon bantuannya untuk Melaporkan blog:
http://islamexpose.blogspot.in/
ke blogger

jika kurang jelas silahkan baca post disini:

LAPORKAN ISLAM EXPOSE KE BLOGGER / GOOGLE !!!
http://kuncineraka.mywapblog.com/laporkan-islam-expose-ke-blogger-google.xhtml

terimakasih atas kerjasamanya saudaraku muslim biggrin

KUNCI NERAKA on 02:49 PM, 27-May-13

Assalamu'alaikum Saudaraku Muslim se Indonesia

Mohon bantuannya untuk Melaporkan blog:
http://islamexpose.blogspot.in/
ke blogger

jika kurang jelas silahkan baca post disini:

LAPORKAN ISLAM EXPOSE KE BLOGGER / GOOGLE !!!
http://kuncineraka.mywapblog.com/laporkan-islam-expose-ke-blogger-google.xhtml

terimakasih atas kerjasamanya saudaraku muslim biggrin

KUNCI NERAKA on 02:53 PM, 27-May-13

Assalamu'alaikum Saudaraku Muslim se Indonesia

Mohon bantuannya untuk Melaporkan blog:
http://islamexpose.blogspot.in/
ke blogger

jika kurang jelas silahkan baca post disini:

LAPORKAN ISLAM EXPOSE KE BLOGGER / GOOGLE !!!
http://kuncineraka.mywapblog.com/laporkan-islam-expose-ke-blogger-google.xhtml

terimakasih atas kerjasamanya saudaraku muslim biggrin

EighaNamikaze on 03:20 PM, 27-May-13

bermanffat bradd biggrin

Macfull on 09:52 AM, 28-May-13

Jum atan masih banyak yg dijalan sob maklum masjid gak muat smile

Yupi Rizky Revienda on 09:10 PM, 29-May-13

Wah, saya baru tau smile terima kasih pernah berkunjung ke blog saya. Terus tegak kan syariat Islam walau hanya melalui media Blog smile

ucup on 08:02 AM, 29-Jun-13

kunjungan pagi kang

dedz on 12:50 PM, 11-Jul-13

ilmu Yang Berharga nie . . Makasih gan. biggrin

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)